Profil Desa

Desa Adat Kemoning merupakan Desa Tua sudah ada sebelum/sekitar abad 10 sesuai peninggalan sejarah yang ada berupa Pura Hyang Api yang merupakan sentral sebelum adanya  Pura  Kahyangan Tiga, Arca di Pura Petinggar, dan Pura Puseh abad 13-14 serta Pusat Kerajaan Gelgel (Ida Dalem Gelgel) berkisar tahun 1383-1650.

kemoning5Menjelang  pindahnya  kerajaan  Gelgel  ke  Semarapura  sekitar  abad  16-17 dikisahkan  beberapa  pemuka  desa/mekel  agar  membuka  hutan  untuk  dijadikan lahan  pemukiman  dan  pertanian.  Dalam  perkembangannya  menjadi  hunian  dan akhirnya  menjadi  sebuah Desa  yang  dinamakan  Desa  Kemoning  yang  lengkap dengan  tata  ruang    seperti Parahyangan, Pawongan dan Palemahan yang  hidup dalam  suasana  kebersamaan,  tentram,  aman,  damai  dan penuh  dengan  kehidupan religious. Desa adat Kemoning persisnya terletak di lingkungan kecamatan Klungkung, kabupaten Klungkung Bali. Karena berkembangnya pusat kota, desa ini sekarang justru terletak di pusat kota Klungkung. Walaupun demikian desa adat Kemoning merupakan desa yang memiliki banyak fitur-fitur bersejarah sehingga masih sangat tepat disebut sebagai sebuah desa adat. Terdapat sekitar 278 Kepala Keluarga (KK) yang bersifat menetap dan sekitar 200 KK yang berdiam di luar daerah kemoning, bahkan di luar Bali yang secara rutin berinteraksi baik melalui kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial lainnya.

kemoning3Desa adat Kemoning telah menjadi saksi perkembangan jaman mulai dari generasi dimana para penduduknya sebagian besar mengandalkan pertanian sebagai tulang punggung kehidupan. Sawah yang terletak di lingkungan desa murupakan lumbung padi yang sangat besar dengan produksi tinggi.Begitu juga dengan sungai  yang mengalir di lingkungan desa menjadi sumber air yang tidak pernah terputus mengairi areal persawahan yang selalu hijau dan kuning sepanjang tahun. Jaman berubah, berubah pula orientasi masyarakat untuk mempertahankan hidupnya. Sawah nah luas di jaman dulu sudah tidak lagi terbentang tergantikan oleh lokasi-lokasi pemukiman baru. Tidak ada lagi sawah yg harus dipanen seiring dengan berkurangnya minat para generasi muda untuk mewarisi keahlian orang tuanya untuk bertani. Kebanyakan kini sudah memilih dan memiliki ‘kesadaran’ akan arti pentingnya pendidikan tinggi untuk mampu bersaing di dunia global.

Alamat Desa Adat kemoning adalah sama dengan alamat LPD Kemoning: Jalan Jempiring No 24 Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *